-->
Travelling
Description : Green Canyon is located in the village of Kertayasa, Ciamis, West Java, about 31 km from Pangandaran. When you arrive at the main entrance and Green Canyon parking area, you will see a lot of wooden boats popularly called “Ketingting” lined up neatly on the river bank. Boats are what will bring you to the Green Canyon with Rp.125.000, 00 costs per boat. 1 boat contents max capacity 6 people.
JENGGALA WATERFALL : This tourist attraction was originally called Curug Tempuan, because this waterfall is a confluence of several rivers that merge into one. So that local residents hold a meeting with village officials. This meeting discussed the change in the name of the waterfall. So the waterfall changed its name to Curug Jenggala.
THE LEGEND OF THE TAPOMAS RESERVOIR : In the 1980s, the pride of the residents was destroyed to stem the Serayu river during the New Order government, which at that time developed a dam project for a hydroelectric power plant (PLTA) by damming the Serayu river in Wanadadi District.
Green Canyon Pangandaran : Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.
Description : Body rafting green canyon pangandaran

Cara Membuat E-Book Full Gambar

LANGKAH MEMBUAT E-BOOK DENGAN PROGRAM SIGIL

A     PROGRAM SIGIL

SIGIL merupakan sebuah software editor untuk epub yang bersifat open source. Software open source adalah software yang bersifat gratis (free ware). Untuk memperoleh SIGIL dapat mengakses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/. Sigil merupakan aplikasi editor yang digunakan dalam pembuatan ebook. Sigil ini dapat membaca file dengan extensi *.epub, *.htm, dan *.html.



Epub (electronic publication) merupakan salah satu format digital book yang merupakan format standardisasi bentuk, diperkenalkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. Epub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dijadikan satu file dengan ekstensi .epub.

E-book atau disebut juga buku digital merupakan sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar, maupun suara dan dipublikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya dan biasanya merupakan versi elektronik dari buku cetak.

B     LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT E-book DENGAN SIGIL :

1.    KONVERSI TEKS FORMAT WORD KE FORMAT HTML
a. Sebelum konversi ke format html semua pengaturan  Layout word yang berisi gambar rubah dulu menjadi IN LINE WITH TEXT. Gambar yang tidak inline with text akan ditampilkan tidak pada tempatnya atau bahkan menghilang. Klik kanan gambar -> Wrap text -> In Line with Text.


b. Setelah semua itu dilakukan, simpan dokumen menjadi html dengan cara File -> Save as-> Web Page, filtered.

2.    MEMASUKAN HALAMAN HTML KE PROGRAM SIGIL
Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file html yang telah dibuat ke dalam sigil, Program sigil -> File -> Add Existing Files, kemudian pilih file HTML yang telah dibuat.


Edit atau rapihkan kembali halaman html yang sudah terbuka di program SIGIL.

3.    EDIT META DATA
Metadata merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada epub, metadata berfungsi seperti identitas pada sebuah buku: judul, nama pengarang, tahun penerbitan, bahasa, ISBN, penerbit, kategori, deskripsi, dll. Untuk masuk ke jendela metadata, dari Sigil -> Tools -> Metadata editor , atau tekan tombol F8. Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan properti lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol add basic, dan kemudian rubah valuenya.

 Tuliskan Judul E-book, Nama Penulis. Dan untuk menambahkan nama penerbit, tahun terbit dll klick Add Basic

4.    COVER E-BOOK
Untuk membuat cover image, anda perlu menyiapkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul sudah terdapat di dalam dokumen HTML, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara: Images -> Add Existing Files -> terus pilih gambar yang anda punya


5.  MEMBUAT DAFTAR ISI
Daftar isi merupakan cara utama pengguna melakukan navigasi di dalam dokumen epub. Pengguna dapat langsung membuka bagian dokumen yang ingin dibaca dengan menggunakan daftar isi tanpa harus membuka tiap-tiap halaman, sistem yang mirip dengan hyperlink di halaman web. Sigil memiliki fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis, yang perlu dipersiapkan hanyalah menentukan header setiap bab yang ingin dimasukkan di dalam daftar isi. Jika dokumen word yang digunakan telah menggunakan styling, maka dokumen telah terformat secara otomatis, tetapi jika belum, maka pengguna harus menentukan header di sigil. Yang harus dilakukan adalah: Tempatkan cursor di kalimat topik/subtopik -> pilih header


Dapat terlihat di gambar kiri, cursor  terletak di kalimat PROGRAM SIGIL, dan ditetapkan sebagai h1 (header 1),h1 menandakan topik utama, h2 subtopik, h3 sub-subtopik, dan seterusnya.


P menandakan isi paragraf yang tidak dimasukkan ke dalam daftar isi. Untuk membuat daftar isi di readium cukup dengan masuk ke tools -> table of content -> generate table of content -> OK


Demikianlah cara  Membuat Ebook Full Gambar semoga bermanfaat.


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post