Air Terjun Jenggala

Tempat Wisata Baru Curug Jenggala
Love Deck Air Terjun Jenggala

Curug jenggala kali pagu adalah air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter dari pemukaan tanah dengan 3 air terjun yang sejajar. Air terjun yang ditengah memiliki arus yang paling deras. Objek wisata ini yang tergolong baru (tulisan tahun 2019 an) menampilkan keindahan alam yang asri dan air terjun yang mempesona. Pada saat penulis berkunjung ke lokasi wisata sekitar Juni 2019 sarana nampak tertata rapi dan bersih walaupun tergolong belum permanen, seperti toilet dan tempat ganti baju serta mushola yang masih menggunakan material bambu. Air terjun mengalir melalui sungai dengan batuan besar yang berlokasi di Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Wisata air terjun ini berada di kaki Gunung Slamet yang membuat objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, objek wisata ini menyediakan tempat berfoto yang terbuat dari kayu (Selfie Deck). Sehingga menarik pengunjung untuk mengabadikan kunjungannya

Tiga Air Terjun Jenggala
Route Menuju Curug Jenggala
Lokasi curug jenggala bersebelahan dengan obyek wisata Baturaden sehingga mudah untuk menemukannya. Dari Kota Purwokerto menuju ke taman wisata Baturaden. Ketika sudah memasuki kawasan taman wisata Baturaden, mengikuti jalan menuju ke Curug Bayang. Setelah itu, menemukan jalan sempit dan menanjak di dekat homestay ikuti jalan tersebut. Di lokasi terdapat palang yang memberikan informasi menuju lokasi Curug Jenggala. Jika sudah berada di tempat parkir, pengunjung berjalan 500 meter. Dan pengunjung akan menemukan Curug Jenggala.
Panorama Air Terjun Jenggala
Legenda Curug Jenggala
Objek wisata ini awal mulanya bernama Curug Tempuan, karena Curug ini merupakan pertemuan dari beberapa sungai yang bergabung menjadi satu. Sehingga warga setempat mengadakan musyawarah bersama petinggi desa. Musyawarah ini membahas tentang perubahan nama curug tersebut. Sehingga curug tersebut berubah nama menjadi Curug Jenggala. Nama ini didapat dari rujukan nama juru kunci hutan yaitu bapak Jenggala. Jenggala sendiri berarti Kstaria Piningit atau  kstaria utama menurut warga setempat. Curug jenggala berada diantara dua bukit. Jika digabungkan dari masing-masing namanya mempunyai arti yakni air surga. Sungai pada curug ini merupakan pertemuan antara Sunggai Banjaran dan Sungai Mertelu yang bersatu. Dan di tengah-tengahnya terdapat situs yang bernama "Batur Semendeh".

Harga Tiket
Tiket masuk Curug Jenggala cukup terjangkau (per Agustus 2019). Pengunjung cukup membayar Rp. 8000 ( dan biaya parkir untuk motor Rp.3000, mobil Rp. 5000. Dibuka pada pukul 08.00 dan ditutup pukul 18.00 untuk setiap hari.



Post a comment

0 Comments