-->
-->
Product : Levao
JENGGALA WATERFALL : This tourist attraction was originally called Curug Tempuan, because this waterfall is a confluence of several rivers that merge into one. So that local residents hold a meeting with village officials. This meeting discussed the change in the name of the waterfall. So the waterfall changed its name to Curug Jenggala.
THE LEGEND OF THE TAPOMAS RESERVOIR : In the 1980s, the pride of the residents was destroyed to stem the Serayu river during the New Order government, which at that time developed a dam project for a hydroelectric power plant (PLTA) by damming the Serayu river in Wanadadi District.
Product description : A true everyday pant. Super soft and comfortable. The stretch lace trim at your waist and legs offers a custom fit for all day comfort that won't show through clothes
Visit the Reebok Store : Reebok Women’s Underwear – Seamless Hipster Briefs (4 Pack)
Fashion Advertisement

Sunday, September 20, 2020

Sandi Synop Seksi 1 (Part 2)

Penyandian Synop Seksi 1 (Part 2)
Anemometer
pengertianahli.id

Sandi Seksi 1
iRiXhVV Nddff 1SnTTT 2SnTdTdTd 3PoPoPoPo 4PPPP 5appp 6RRRtR 7wwW1W2 8NhClCmCh 

Nddff  (00fff)
Grup ini merupakan jumlah cakupan awan di langit dan juga arah serta kecepatan angin yang terjadi.  

N sandi bagian langit yang tertutup awan 
Untuk menentukan sandi ini kita memprakirakan berapa bagian langit yang tertutup awan. Caranya, kita umpamakan langit diatas kita ini sebagai sebuah lingkaran. Untuk satu lingkaran penuh, bernilai 8. Jadi caranya kita kira-kira saja, menurut kalian berapa bagian langit yang tertutup. Dalam menentukan luas langit diatasnya adalah sejauh mata memandang artinya sejauh mana langit (awan) masih terlihat itulah luasnya dan menjadi bagian dari wilayah otoritas observer sehingga tidak ada batasan wilayah.

Satu Lingkaran Penuh Bernilai 8 Okta
Apabila bagian tertutup oleh awan setengahnya, maka sandinya adalah 4. Bila tertutup hampir semua, namun masih ada celah sedikit, sandinya 7. Nilai N=8 adalah saat langit benar-benar tertutup semua oleh awan. 

Dalam pelaporan jumlah langit yang tertutup awan berdasrkan TTP Synop No. 38 TH 2006 BMG sekaang BMKG berlaku ketentuan sebagai berikut :

  1. Jika dalam keadaan kabut atau peristiwa  semacamnya, tetapi langit tampak biru atau bintang bintang dapat terlihat dan tidak terlihat adanya awan sedikitpun, maka N=0
  2. Jika dalam keadaan kabut atau peristiwa  semacamnya, tetapi awan dapat dilihat maka nilai N sesuai dengan jumlah awan hasil pengamatannya
  3. Jika dalam keadaan kabut atau peristiwa  semacamnya, tetapi jumlah awan tidak dapat ditentukan maka N=9
  4. Langit yang seluruhnya tertutup oleh awan Ac atau Sc perlusidus N dilaporkan 7 
  5. N=/ jika tidak ada pengukuran jumlah awan (khusus untuk stasiun otomatis). Namun N=/ juga laporkan jika tidak ada pengamatan awan yang disebabkan karena penglihatan pengamat terhalang oleh awan di bawahnya. Misalnya tidak ada pengamatan awan menengah atau awan tinggi karena terhalang oleh adanya jenis awan rendah.
Ac Perlusidus

Sc Perlusidus
namesofcloud.com

dd adalah sandi arah angin
Arah angin yang dilaporkan adalaah arah angin rata-rata dalam periode 10 menit sejak sebelum jam pengamatan. Arah angin merupakan arah darimana angin itu bertiup. Untuk lebih lengkapnya tentang sandi-sandinya, dapat dilihat di tabel 0877 TTP synop.  

Contoh :
120ᵒ, berarti dd=12 , arah angin 80ᵒ,  dd=08 

ff adalah sandi kecepatan angin 
Kecepatan angin biasanya dinyatakan dalam knot. 
Contoh : 
Kecepatan angin 20 knot, ff=20
Jika kecepatan angin lebih dari 99 penyandian diikuti dengan group 00fff

(00fff) : Pelaporan ini dilaporkan apabila kecepatan angin lebih dari 99 knot. Sandi 00 merupakan penanda bahwa kecepatan angin lebih dari 99 knot, karena bila >100 maka membutuhkan 3 digit. Oleh sebab itu fff berisi 3 digit. 
Contoh
Kecepatan angin 145 knot, jadi 00fff=00145. angka 00 menunjukan bahwa kecepatan angin 3 digit. sedangkan arah anginnya sudah dilaporkan di group ddfff. 

Contoh :
Di Stasiun Tunggul Wulung Cilacap, angin bertiup dari 280ᵒ, dan memiliki kecepatan 115 knot. 

dd=280=28, karena kecepatan lebih besar dari 99 knot, maka ff=99. Kecepatan angin 115 knot, jadi 00115. Sehingga sandinya adalah N2899  00115
Dimana N= jumlah tutupan awan



















NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting our blog, please comment politely

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner