Longshore Currents - Blog-QuL

Advertisment

Breaking News

Longshore Currents

 

 


Kecepatan gelombang mendekati pantai tergantung pada dasar laut dan fitur garis pantai serta kedalaman air. Saat gelombang bergerak menuju pantai, segmen gelombang yang berbeda bertemu dengan segmen gelombang yang lain, memperlambat kecepatan segmen gelombang yang mendekati pantai. Akibatnya gelombang cenderung berbelok dan menyesuaikan diri dengan bentuk garis pantai secara umum. Selain itu, ombak biasanya tidak mencapai pantai secara paralel sempurna dengan garis pantai. Gelombang yang tiba dengan sudut gelombang yang kecil,disebut "angle of wave approach".

Ketika gelombang mencapai pantai atau garis pantai, gelombang melepaskan ledakan energi yang menghasilkan arus, yang mengalir sejajar dengan garis pantai. Jenis arus ini disebut "longshore current".

Arus sejajar pantai dipengaruhi oleh kecepatan dan sudut gelombang. Ketika gelombang pecah pada sudut yang lebih tajam (curam) di pantai, menemui lereng pantai yang lebih curam, atau sangat tinggi, kecepatan arus sejajar pantai meningkat. Sebaliknya, sudut gelombang yang lebih lebar, lereng pantai yang lebih landai, dan ketinggian gelombang yang lebih rendah memperlambat kecepatan arus sejajar pantai. Dalam kedua kasus tersebut, air dalam arus sejajar pantai mengalir ke pantai, dan kembali ke laut.

Saat lapisan air ini bergerak masuk dan keluar pantai, ia dapat "menangkap" dan mengangkut sedimen pantai kembali ke laut. Proses ini, yang dikenal sebagai “longshore drift”, dapat menyebabkan erosi pantai yang signifikan.

No comments

Terimakasih Anda Telah Berkunjung Ke Blog Kami, Silahkan Berkomentar Dengan Sopan.

close