Merawat AC Rumah Agar Awet Dan Tetap Dingin

 


Penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa Inggris: air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

Sebelum Anda membeli AC, ada baiknya Anda mengetahui ukuran PaardeKracht (PK) AC. Anda juga harus mengetahui ukuran ruangan agar disesuaikan dengan ukuran PK AC. Sebelumnya Sepulsa telah membahas perhitungan PK dalam AC, Anda bisa lihat detilnya di tautan tersebut. Jika ukuran PK terlalu lebih besar daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa terlalu dingin. Sebaliknya, jika PK terlalu kecil daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa sedikit dingin dan mesinnya akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan. Maka dari itu Anda harus tahu ukuran PK yang cocok untuk ruangan Anda.




TUTUP RAPAT RUANGAN 

Jika menyalakan AC usahakan ruangan tertutup dengan rapat. Hal ini ditujukan agar AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan dan ruangan terasa sejuk.

MATIKAN JIKA TIDAK DIGUNAKAN

Apabila akan bepergian ada baiknya kamu mematikan AC. Selain Anda menghemat energi, Anda juga menghemat uang pengeluaran.

FITUR TIMER

Gunakan fitur timer ketika menyalakan AC sesuai dengan kebutuhan. AC sebaiknya dinyalakan paling lama 5 jam dan setelah itu istirahat mendinginkan mesin. Maka dari itu, selama menggunakan AC gunakanlah fitur timer agar mesin AC bisa terjaga dengan baik.

ATUR SUHU AC

Sebaiknya Jangan terlalu sering mengatur suhu AC menjadi dibawah 22 derajat celcius. Terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu juga, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia.

PERAWATAN RUTIN

Lakukan pembersihan secara rutin untuk bagian dalam AC. Pembersihan rutin ini bisa Anda lakukan 1 bulan sekali jika udara tidak terlalu keruh. Sebaliknya jika keruh Anda bisa lakukan pembersihan 2 kali dalam sebulan.

CEK KONDISI FREON

Sebaiknya kamu cek freon dalam AC. Jika freon mengalami bocor atau pengurangan maka AC akan menjadi kurang dingin. Sebaiknya setiap 6 bulan Anda adakan pengecekan freon pada AC oleh teknisi AC. Tak hanya bagian dalam saja AC saja, blower yang terletak di luar gedung sebaiknya dibersihkan secara rutin agar sirkulasi udara semakin segar.




Post a comment

0 Comments