Alur Pendaftaran STMKG 2021/2022

 



KETENTUAN PENDAFTARAN STMKG TAHUN 2021

A.    Hasil Verifikasi, Tatacara Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes . 
  1. Peserta  dapat  mengetahui  hasil  verifikasi  pendaftaran  STMKG dengan cara login ke portal https://dikdin.bkn.go.id mulai hari Kamis 6 Mei 2021. 
  2. Peserta  yang  dinyatakan  lulus  verifikasi,  selanjutnya  dapat  melakukan pembayaran  untuk  2  (dua)  biaya  pendaftaran  yaitu  biaya  tes  STMKG sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah)    dan biaya tes CAT BKN sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) dengan proses sebagai berikut: a)   Peserta login ke portal https://dikdin.bkn.go.id pada tanggal 15 - 23 Mei 2021    dan mencatat dua kode billing untuk 2 pembayaran diatas. b)  Pembayaran  dapat  dilakukan  melalui  teler  di  Bank  Persepsi  atau melalui ATM bank persepsi tersebut. Daftar bank persepsi dan Tata cara pembayaran dapat dilihat pada Lampiran 1 dokumen ini.   
  3. Pembayaran hanya dapat dilakukan mulai 15 Mei 2021 sampai dengan 23 Mei 2021 pukul 23.59 WIB. Diluar periode tanggal tersebut, pembayaran tidak dapat   dilakukan   sehingga   mengakibatkan   peserta   tidak   dapat mencetak kartu ujian serta kehilangan hak untuk mengikuti tes SKD. 
  4. Setelah  selesai  proses  pembayaran  kedua  kode  billing  tersebut,  maka peserta  dapat  login  kembali  ke  portal  https://dikdin.bkn.go.id  untuk mencetak Kartu Ujian.   
B.    Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 

  1. Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah diatur untuk semua peserta pada tanggal 9 – 12 Juni 2021 (tentatif menyesuaikan  BKN).  Jadwal  lengkap  pelaksanaan  tes  SKD   untuk setiap peserta dapat dilihat di setiap lokasi seleksi pada 1 Juni 2021 melalui portal Panitia PTB-STMKG-2021 (https://ptb.stmkg.ac.id )   
  2. Tes   SKD   hanya   dapat   diikuti   oleh   peserta   yang   telah   melakukan pembayaran untuk kedua kode billing yang telah diberikan.    Meskipun nama peserta tertera pada jadwal tes, tetapi jika belum melakukan pembayaran pada salah satu atau kedua kode billing tersebut, maka    yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes SKD. 
  3. Peserta tes WAJIB berpakaian rapi : menggunakan baju kemeja putih, celana/rok panjang warna gelap (hitam) bukan jeans dan bersepatu, serta wajib membawa KTP Asli dan Kartu Ujian.    Bagi Pendaftar yang belum memiliki KTP, wajib membawa Kartu Identitas Anak (KIA)/Surat Keterangan dari DISDUKCAPIL atau Kartu Keluarga Asli dan Kartu Pelajar atau Kartu identitas lain yang terdapat foto identitas diri pendaftar.   
  4. Peserta   tes   WAJIB   menerapkan   protokol   kesehatan:   menggunakan masker standar yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu (tidak boleh menggunakan scuba) menjaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang lain, menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan /atau menggunakan handsanitizer, dan membawa alat tulis pribadi. 
  5. 5.   Peserta tes WAJIB hadir 90    (sembilan puluh) menit sebelum tes dimulai untuk registrasi dan persiapan tes. Apabila peserta    tidak hadir di lokasi tes atau terlambat hadir sesuai waktu yang ditentukan pada jadwal, maka peserta  yang  bersangkutan  tidak      dapat      mengikuti      SKD      dan dinyatakan gugur. 
  6. Tes SKD terdiri atas:    Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) , dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).   
  7. Peserta    dinyatakan lulus SKD jika memenuhi nilai ambang batas TWK, TIU dan  TKP  sesuai  dengan  Peraturan  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur Negara  dan  Reformasi  Birokrasi  tahun  2021  yang  akan  diumumkan kemudian sebelum pelaksanaan tes SKD.   
  8. Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)    hanya dapat diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus ambang batas SKD dan secara nasional berada dalam peringkat/ranking terbaik sejumlah paling banyak 3 (tiga) kali formasi Taruna dan Taruni pada setiap Program Studi. Jumlah kuota keikutsertaan    tes    SKB    sebagai    dasar    peringkat    terbaik   yang dipersyaratkan adalah sebagai berikut: 
  • Meteorologi putra 219, putri 93 
  • Klimatologi putra 66 putri 30 
  • Geofisika  putra 78 putri 30 
  • Instrumentasi MKG putra 252 putri 27 
Jumlah putra 615 dan putri 180 . Catatan: Belum termasuk kuota afirmasi Papua dan Papua Barat (OAP) yang    lulus    ambang    batas    SKD    serta    afirmasi    3T    (menunggu persetujuan dan konfirmasi lebih lanjut).  
9. Tes SKB dijadwalkan akan dilaksanakan pada  29 -  30  Juni  2021  (tentatif menyesuaikan BKN) di lokasi yang sama dengan lokasi tes SKD, meliputi tes 3 (tiga) mata pelajaran khusus dengan jumlah 80 soal pilihan ganda dalam waktu  90  menit,  dengan  rincian  :  mata  pelajaran  Fisika  (32  soal), Matematika (28 soal) dan Bahasa Inggris (20 soal). 
10. Kriteria penilaian tes SKB sebagai     berikut : Jika jawaban benar mendapatkan nilai 5 (lima) dan jawaban salah mendapatkan nilai 0 (nol). Nilai hasil tes SKB (Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris) akan dijumlahkan dan ranking-nya    diurutkan mulai dari jumlah nilai tertinggi sampai dengan jumlah nilai terendah,    masing-masing untuk peserta Laki- laki dan Perempuan pada setiap Program Studi secara nasional. 
11. Peserta  dinyatakan  lulus  SKB  apabila  berada  dalam  peringkat/ranking terbaik sejumlah paling banyak 2 (dua) kali jumlah formasi Taruna dan Taruni  pada  setiap  Program  Studi  secara  nasional  ,  kecuali  untuk pendaftar dengan latar belakang Orang Asli Papua/OAP di Papua dan Papua Barat (afirmasi) dengan catatan yang bersangkutan  tidak memiliki nilai  0  (NOL)  pada  masing-masing  mata  pelajaran.  Apabila  dalam peringkat ini terdapat lebih dari satu peserta dengan    jumlah nilai    yang sama, maka akan dipilih peserta    dengan nilai fisika yang lebih tinggi.   Apabila    nilai fisika peserta-peserta ini sama, maka akan dipilih peserta    dengan nilai matematika yang lebih tinggi.    Apabila    nilai fisika    dan matematika   peserta-peserta   ini   sama,   maka   semua   peserta   pada peringkat/ranking tersebut akan dinyatakan LULUS SKB. 
12.  Jumlah kuota keikutsertaan tes Kebugaran, Wawancara, dan Pemeriksaan Kesehatan adalah sebagai berikut: 
  • Meteorologi putra 146 putri  62 
  • Klimatologi putra  44 putri  20 
  • Geofisika Putra  52 putri   20 
  • Instrumentasi MKG putri 168 putri  18 
Jumlah  putra 410 dan putri  120 .Catatan: Belum termasuk kuota afirmasi Papua dan Papua Barat (OAP) yang    lulus    ambang    batas    SKD    serta    afirmasi    3T    (menunggu persetujuan dan konfirmasi lebih lanjut). 
13. Hasil kelulusan SKB secara resmi dapat dilihat di portal Panitia PTB-STMKG-
2021    (https://ptb.stmkg.ac.id) pada 2 Juli 2021. 
                                                     
 




Baca Juga

Post a Comment

0 Comments