Belajar Dasar-dasar Ukulele


UKULELE
Seperti halnya pada Gitar. Untuk bisa memainkan Ukulele, ada beberapa tahapan yang harus diperlajari. Dimulai dari mengenal nada, kunci, cara memegang, cara memetik dll. Bagi pemula yang baru belajar, tentu harus melewati tahapan-tahapan ini. Jika tidak demikian mungkin akan susah untuk menguasai permainan ukulele.

Ukulele umumnya memiliki 4 senar atau dawai. Masing-masing senar memiliki nada yang berbeda. Ukulele yang paling umum, yaitu ukulele sopran dan tenor, memiliki 4 senar dengan pitch GCEA.

Berikut masing-masing senar pada ukulele.

SENAR NADA
Senar 1    A (Paling bawah)
Senar 2 E
Senar 3 C
Senar 4    G (Paling atas)

Pelajari Kunci Dasar Ukulele
Ketika Anda baru memulai belajar ukulele, tidak mungkin menghafal semua lick, tablature, strumming, scale dan ratusan chord dalam sekejap. Sebagai pemula sebaiknya mulailah dari dasar, yaitu mempelajari kunci-kunci dasar ukulele Mayor & Minor.

Kunci Ukulele Senar 4 (Mayor)
Silahkan lihat video ini:

Sumber : Deny Reny Chanel Youtube
Kunci Ukulele A
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele A Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele B
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele B Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele C
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele C Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele D
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele D Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele E
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele E Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele F
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele F Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.



Kunci Ukulele G
Gambar di bawah ini merupakan kunci ukulele G Mayor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Senar 4 (Minor)
Kunci Ukulele Am
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele A Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Bm
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele B Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Cm
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele C Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Dm
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele D Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Em
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele E Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Fm
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele F Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


Kunci Ukulele Gm
Gambar di bawah merupakan kunci ukulele G Minor. Perhatikan dengan teliti letak dan posisi jari Anda serta letak frets yang harus ditekan.


BACA JUGA :


Sumber : IndoUkeTube Chanel Youtube
Sumber: Irfan Sigufi Chanel Youtube
Sumber: Irfan Sigufi Chanel Youtube

Post a comment

0 Comments